Keris TRI DATU

Bismillahirahmanirrahim.

Pada moment hari  special ini saya perkenalkan Keris kami yang dibuat khusus  melalui sebuah proses karya sang Mpu Muhlis Adipatra dengan sumbang saran dan pemikiran yang intens Ketum  Pasaka Lalu Sofiyar Putrangga Munchar.Matur agung Tampiasih.

Keris ini dengan simbol 3 burung yanh inspirasinya dalam kisah mitology Dewi Anjani sebagai perlambang 3 unsur yang menjadi satu dalam kepemimpinan tradisional Lombok(Datu Telu) dan Nusantara umumnya/Tri Datu.Karenanya saya menamakannya KERIS TRI DATU.
Dengan hal ini kami ingin tunjukkan bahwa  Tradisi Karya Perkerisan sebagai budaya adiluhung yang telah mendpt pengakuan UNESCO yg telah bermula 1500 th lebih di Nusantara tetaplah berlanjut termasuk di Lombok dan bahwa mpu-mpu keris Lombok masih ada dan berkarya hingga saat ini.

Dan saya berharap kepada para ahli perkerisan agar mulai mengidentifikasi era sejak th 2000 dan seterusnya sbg dimulainya "era baru dg nama baru"  setelah era Keris Purwa, Keris Sepuh dan era Keris Kamardikan/paska Kemerdekaan.
Dengan begitu penghargaan kita kepada mpu2 era kini tdk ternegasikan..terlebih kelak karya masa kini akan menjadi tua dan sepuh juga dan akan menjd legacy dari generasi kita saat ini utk generasi nanti.

Salam Kebangkitan Nusantara.

Selamat Hari Raya Idul Adha.
Mhn Maaf Lahir Bathin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEDATUAN MUTER LOMBOK.18 /8/1945 - 14/8/1958.

PEMAJE

MATARAM (Lombok) The Ancient Land/Negeri Kuno.