PULAU LOMBOK,PULAU SASAK,PULAU SELAPARANG.

SASAK adalah sebuah kerajaan yang pernah besar pada masanya yg dibangun oleh orang orang Sasak dan migran dari Mataram kuno/Medang  diperkirakan berdiri abad 8 M hingga 1720 M yg berpusat di bagian barat pulau sehingga pulaunya disebut dg Bumi Sasak/Pulo Sasak dan penduduknya dikenal dengan Suku Sasak.


Lombok adalah kerajaan yg pernah besar pada masanya yg embrionya mulai ada sekitar th 1258 M transformasi dari kerajaan Pamatan yang runtuh karena letusan Samalas dan eksis hingga 1545 M  berpusat di ujung timur (skrg teluk Lombok tempat labuhan Kayangan) sehingga pulau tempatnya dikenal demgan Pulau Lombok.

Selaparang adalah kerajaan yg pernah besar pada masanya yg diperkirakan berdiri th 1545 M-1766 M  berpusat di Lombok Timur, sehingga pulau tempatnya dikenal sebagai Pulo Selaparang.

Hingga akhir abad 19 pulau ini disebut dlm banyak manuskrip,buku2 maupun surat2 resmi berganti-gantian yaitu  pulau Sasak,Pulau Lombok,Pulau Selaparang.Selain itu dikenal jg sbg Pulau Gurun. 

Sejak awal abad 20 tepatnya 1895 M dengan ditetapkannya pulau ini  sebagai sebuah afdelling dg nama resmi Afdelling  Lombok maka  LOMBOK menjadi nama umum untuk pulaunya, SASAK tetap menjadi nama etnisx dan  SELAPARANG untuk menunjuk pada roh kulturalnya.

*Sebumbung Sewirang Sejukung.
Lombok Mirah Sasak Adi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KEDATUAN MUTER LOMBOK.18 /8/1945 - 14/8/1958.

PEMAJE

MATARAM (Lombok) The Ancient Land/Negeri Kuno.